About the Journal

El-Makrifah: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam  merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Makrifatul Ilmi  yang beralamat di  Jl. Merapi No. 99, Kota Manna, Bengkulu Selatan, Indonesia  . Jurnal ini dikelola di bawah platform  Open Journal Systems (OJS)  sebagai bagian dari komitmen lembaga terhadap penyebaran ilmiah berbasis digital dengan akses terbuka.

Current Issue

Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal el Makrifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan
					View Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal el Makrifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

The Vol. 2 No. 2 Edition (2025) of the El-Makrifah Journal of Islamic Education and Studies presents scholarly articles focusing on strategic issues in Islamic education and contemporary Islamic thought.

The topics include an evaluation of the Pancasila Student Profile Project, the implementation of the Merdeka Curriculum, and the enhancement of student pedagogical competence. On the other hand, the religious studies section explores Nasr Hamid Abu Zayd’s contextual interpretation of the Qur'an, the revitalization of Islamic values, religious moderation, and critical perspectives on Islamic inheritance law in Indonesia.

This publication integrates critical-reflective, contextual, and interdisciplinary approaches, aiming to strengthen scientific literacy and advance the discourse of moderate Islam in the era of social transformation.

Published: 2025-07-26

Articles

View All Issues

El-Makrifah: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam  merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Makrifatul Ilmi  yang beralamat di  Jl. Merapi No. 99, Kota Manna, Bengkulu Selatan, Indonesia  . Jurnal ini dikelola di bawah platform  Open Journal Systems (OJS)  sebagai bagian dari komitmen lembaga terhadap penyebaran ilmiah berbasis digital dengan akses terbuka.

Jurnal ini fokus pada perkembangan wacana akademik di bidang  Ilmu Pendidikan  dan  Studi Islam  , dengan pendekatan interdisipliner dan integratif. Cakupannya mencakup, namun tidak terbatas pada, pedagogi Islam, manajemen dan kebijakan pendidikan, kurikulum dan pengajaran, psikologi pendidikan, filsafat pendidikan Islam,  tafsir tarbawi  , dan integrasi nilai-nilai ilmiah dan Islam.

Semua naskah yang dikirimkan akan melalui  proses peer-review double-blind  dan akan dideteksi  plagiarisme  untuk memastikan keaslian akademik dan kepatuhan etika. Artikel dapat ditulis dalam  Bahasa Indonesia  atau  Bahasa Inggris  , mengikuti konvensi penulisan ilmiah standar dan gaya referensi sesuai dengan  format APA (American Psychological Association)  .

El-Makrifah berfungsi sebagai platform akademis bagi para cendekiawan, peneliti, mahasiswa memperkuat, dan praktisi pendidikan untuk berkontribusi pada pengembangan pengetahuan yang dihapus pada nilai-nilai Islam yang reflektif dan praktik pendidikan yang transformatif.