About the Journal
El-Makrifah: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Makrifatul Ilmi yang beralamat di Jl. Merapi No. 99, Kota Manna, Bengkulu Selatan, Indonesia . Jurnal ini dikelola di bawah platform Open Journal Systems (OJS) sebagai bagian dari komitmen lembaga terhadap penyebaran ilmiah berbasis digital dengan akses terbuka.
Current Issue

The Vol. 2 No. 2 Edition (2025) of the El-Makrifah Journal of Islamic Education and Studies presents scholarly articles focusing on strategic issues in Islamic education and contemporary Islamic thought.
The topics include an evaluation of the Pancasila Student Profile Project, the implementation of the Merdeka Curriculum, and the enhancement of student pedagogical competence. On the other hand, the religious studies section explores Nasr Hamid Abu Zayd’s contextual interpretation of the Qur'an, the revitalization of Islamic values, religious moderation, and critical perspectives on Islamic inheritance law in Indonesia.
This publication integrates critical-reflective, contextual, and interdisciplinary approaches, aiming to strengthen scientific literacy and advance the discourse of moderate Islam in the era of social transformation.
Articles
-
Kritik Terhadap Penerapan Hukum Waris Islam di Indonesia: Antara Tekstualitas dan Kontekstualitas
🗺 Abstract Views: 76 📁 PDF Downloads: 50 -
Evaluasi Program Sekolah Penggerak dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia
🗺 Abstract Views: 36 📁 PDF Downloads: 43 -
Penguatan Kompetensi Profesional Mahasiswa PGMI STIT Makrifatul Ilmi dalam Menyusun RPP Kurikulum Merdeka
🗺 Abstract Views: 18 📁 PDF Downloads: 20 -
Persepsi Generasi Z terhadap Islam Wasathiyah: Studi Kasus di Perguruan Tinggi Islam Bengkulu Selatan
🗺 Abstract Views: 51 📁 PDF Downloads: 35 -
Moderasi Beragama dalam Perspektif Islam: Menjaga Harmoni dalam Keberagaman
🗺 Abstract Views: 176 📁 PDF Downloads: 206 -
Pemikiran Tafsir Kontekstual Nasr Hamid Abu Zayd dan Relevansinya terhadap Kurikulum PAI
🗺 Abstract Views: 91 📁 PDF Downloads: 33 -
Revitalization of Islamic Values in Modern Society
🗺 Abstract Views: 38 📁 PDF Downloads: 21 -
Integrasi Pendidikan Tauhid dan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Islam Kontemporer
🗺 Abstract Views: 103 📁 PDF Downloads: 88 -
Macam-macam Penyakit yang Dapat Merusak Akidah dalam Perspektif Islam
🗺 Abstract Views: 195 📁 PDF Downloads: 321 -
Evaluasi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
🗺 Abstract Views: 46 📁 PDF Downloads: 25
El-Makrifah: Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Makrifatul Ilmi yang beralamat di Jl. Merapi No. 99, Kota Manna, Bengkulu Selatan, Indonesia . Jurnal ini dikelola di bawah platform Open Journal Systems (OJS) sebagai bagian dari komitmen lembaga terhadap penyebaran ilmiah berbasis digital dengan akses terbuka.
Jurnal ini fokus pada perkembangan wacana akademik di bidang Ilmu Pendidikan dan Studi Islam , dengan pendekatan interdisipliner dan integratif. Cakupannya mencakup, namun tidak terbatas pada, pedagogi Islam, manajemen dan kebijakan pendidikan, kurikulum dan pengajaran, psikologi pendidikan, filsafat pendidikan Islam, tafsir tarbawi , dan integrasi nilai-nilai ilmiah dan Islam.
Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review double-blind dan akan dideteksi plagiarisme untuk memastikan keaslian akademik dan kepatuhan etika. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris , mengikuti konvensi penulisan ilmiah standar dan gaya referensi sesuai dengan format APA (American Psychological Association) .
El-Makrifah berfungsi sebagai platform akademis bagi para cendekiawan, peneliti, mahasiswa memperkuat, dan praktisi pendidikan untuk berkontribusi pada pengembangan pengetahuan yang dihapus pada nilai-nilai Islam yang reflektif dan praktik pendidikan yang transformatif.